Login

    Info : Pendaftaran kami tutup karena kapasitas sudah penuh

     

Harga Jual Harga Beli
Rp 2,200,000 Rp 2,090,000
*Keterangan :
DB1 = 1 Domba
Adalah 1 ekor domba dengan
berat ± 40kg

Apakah Lambbank itu ?

 

Lambbank adalah usaha peternakan domba dan kambing yang kegiatan utamanya adalah menjual, membeli dan memelihara atau membesarkan domba dan kambing.

 

Di mana lokasi Lambbank ?

 

Peternakan pertama kami ada di Jonggol – Bogor yang dikenal dengan Jonggol Farm dan insyaAllah akan menyusul peternakan-peternakan lain di beberapa lokasi yang dipandang perlu di seluruh Indonesia.

 

Bagaimana saya bisa terlibat dengan kegiatan Lambbank ?

 

Anda bisa terlibat dengan kegiatan Lambbank melalui tiga cara yaitu menjual , membeli atau menitipkan domba/kambing Anda ke Lambbank.

 

Apa untungnya bagi saya ?

 

Pertama Anda bisa membeli dengan mencicil sesuai kemampuan Anda dengan cicilan terkecil setara dengan 0.1 Domba/Kambing. Kedua Anda bisa menjual kembali domba atau kambing Anda kapan saja semudah pencairan uang di bank. Ketiga Anda bisa menitipkan pemeliharaannya ke pengelola Lambbank untuk diambil hasilnya dari pertambahan berat maupun peranakan setelah waktu tertentu.

 

Apakah untuk ini saya harus mengeluarkan biaya ?

 

Tentu saja diperlukan biaya untuk menangani transaksi jual beli, pemeliharaan domba dlsb. Untuk transaksi jual beli, pengelola mengambil biaya berupa keuntungan yang merupakan selisih antara harga jual dan harga beli. Keuntungan ini dibatasi maksimal hanya 5 % dari harga jual.

 

Untuk jasa pemeliharaan, pengelola mengambil biaya pemeliharaan dari domba/kambing yang dibeli dari bakalan kemudian dibesarkannya sampai ukuran standard.

 

Pengelola juga mendapatkan bagi hasil dari pertambahan berat dan peranakan domba/kambing yang lahir.

 

Dengan biaya-biaya dan bagi tersebut, apakah berarti account saya akan terus berkurang ?

 

Account Anda tidak berkurang kecuali bila Anda menjual domba/kambing Anda sebelum pertambahan berat atau peranakan melebihi biaya transaksi jual beli (5 %).

 

Bila Anda menjual kembali setelah pertambahan berat dan peranakan melebihi 5 %, maka account Anda tidak akan berkurang malah akan terus bertambah.

 

Kapan kira-kira account saya mengalami BEP (Break Event Point), atau tidak berkurang ketika saya harus menjual kembali ?

 

Dari pengalaman yang ada, rata-rata diperlukan waktu 4 bulan untuk bisa memperoleh bagi hasil bersih setelah biaya-biaya di kisaran angka 5 %. Tetapi bagi pemegang account baru ada waktu jeda 4 bulan sebelum mulai mendapatkan bagi hasil, yaitu waktu rata-rata ketika Lambbank membeli domba/kambing di pasar sampai mencapai berat standarnya. Jadi memang tidak disarankan untuk membeli domba/kambing untuk jangka pendek, karena BEP Anda akan berkisar di sekitar 8 bulan.


 

Berapa kira-kira bagi hasil bersih yang bisa saya harapkan dengan domba/kambing saya yang dikelola Lambbank ?

 

Kami tidak bisa menjanjikan hasil yang pasti karena banyaknya factor dalam pengelolaan ternak domba/kambing ini. Faktor penyakit, kematian, keterlambatan peranakan, iklim, ketersediaan pakan dlsb.

 

Namun berdasarkan pengalaman selama lima tahun ini, bagi hasil bersih domba atau kambing di peternakan kami berkisar antara 10 % sampai 15 % per tahun, dan kami terus berusaha untuk memperbaiki segala seuatunya untuk mencapai hasil yang lebih baik. Untuk tahun pertama sedikit lebih rendah karena ada jeda 4 bulan sebelum peserta mulai mendapatkan bagi hasil. Waktu 4 bulan ini adalah waktu yang kurang lebih dibutuhkan untuk domba/kambing baru mulai beradaptasi di lingkungannya dan mulai tumbuh berat badannya secara normal.

 

Bagaimana dengan resikonya ?

 

Karena kita memelihara makhluk hidup, tentu ada resiko yang terkait dengan kematian.

 

Untuk menekan resiko ini selain yang bersifat ikhtiar pendeteksi penyakit dari dini beserta pengobatannya, kami juga menyebarkan resiko ini sehingga ditanggung bersama antar sesama pemilik domba/kambing dan juga dengan pihak pengelola.

 

Misalkan dari 1,000 domba ada yang mati 100 domba. Maka yang 50 domba ditanggung pengelola, dan 50 domba dibagi rata sesuai kepemilikan domba dari masing-masing peserta. Artinya setiap peserta menanggung resiko kematian sekitar 5 %.

 

Bagaimana contoh perhitungan bagi hasilnya seandainya saya menitipkan satu domba di Lambbank ?

 

Pada syarat dan ketentuan dijelaskan bahwa ketika Anda membuka account Lambbank, maka Anda menyerahkan pengelolaan domba Anda kepada pengelola, maka pihak pengelola akan mengoptimalkan hasilnya dengan membeli domba-domba dari berbagai ukuran, baik yang dewasa maupun yang masih muda, baik jantan maupun betina. Dari kombinasi inilah nanti insyaAllah hasil terbaik bisa diperoleh. Untuk kemudahan contoh perhitungan saja, berikut dibuatkan scenario perhitungan bila yang dibeli domba bakalan dan bila yang dibeli domba dewasa yang siap kawin.

 

Contoh 1 : Domba Bakalan

Anda menitipkan satu domba di harga yang ada di www.lambbank.com pada saat Anda transfer, misalnya Rp 2,000,000 (berat 40 kg).  Untuk ini misalnya kami belikan domba bakalan dengan harga Rp 800,000 (berat 16 kg). Diperlukan waktu sekitar 1 tahun untuk bakalan domba ini mencapai berat standar 40 kg, maka perlu biaya pembesaran (termasuk obat dlsb) sekitar Rp 360,000 untuk satu tahun.

Selama pemeliharaan tentu ada yang mati, maka ini kita taawunkan misalnya dengan tanggungan bersih 5 % (setelah pengelola ikut menanggung separuhnya) – maka ada nilai kontribusi kematiannya adalah 5 % x Rp 2,000,000 menjadi Rp 100,000.

Untuk domba yang seharga Rp 2,000,000 ; biaya untuk menghasilkannya menjadi Rp 800,000 + Rp 360,000 + Rp 100,000 = Rp1,260,000.

Surplus sebsar Rp 2,000,000 – Rp 1,260,000 = Rp 740,000 dibagi dua antara Anda dan pengelola @ Rp 370,000 dalam setahun atau sekitar 19 %.

 

Contoh 2 : Domba Dewasa

Dengan dana yang sama bisa kita belikan domba indukan yang siap hamil dengan harga Rp 2,000,000. Domba indukan ini sudah tidak bertambah berat tetapi asumsinya melahirkan anak pertama dan kedua selama dua tahun berikutnya. Anak pertama biasanya 1 ekor, sedangkan anak ke 2 adalah dua ekor.

 

Satu anak pertama akan bernilai sekitar Rp 2 ,000,000 lagi pada akhir tahun ke dua dan dua anak kedua juga berharga Rp 2,000,000 pada akhir tahun ke 2 (karena belum dewasa penuh). Hasil senilai Rp 4 juta atau senilai dua domba ukuran standard ini masih harus dikurangkan dengan biaya pemeliharaan sekitar Rp 2,160,000 , yaitu biaya dua ekor domba selama dua tahun (satu indukan awal dan satu anak pertama) dan dua ekor domba selama satu tahun (anak ke 2). Kemudian juga dikurangkan faktor resiko dua tahun Rp 200,000.

 

Hasil bersihnya menjadi Rp 4,000,000 – Rp 2,160,000 – Rp 200,000 = Rp 1,640,000. Bagian Anda Adalah Rp 820,000 dan bagian kami juga sejumlah ini. Karena Anda memperoleh ini untuk dua tahun, maka hasil setahun setara dengan Rp 410,000/Rp 2,000,000 atau 21 % per tahun.

 

Tentu ini adalah perhitungan estimasi, realitasnya bisa saja berbeda karena akan ada factor kelahiran, pertambahan berat yang tidak seragam/konsisten, penyakit dlsb. Kombinasi-kombinasi tersebut kita lakukan dari waktu ke waktu untuk dapat meningkatkan hasil

 

Apakah domba saya diberi tanda spesifik  sehingga saya mengenalinya ketika berkunjung ?

 

Domba Anda hanya diberi tanda spesifik menjelang Anda ambil atau dikirim secara fisik. Pada tahap pemeliharaan, seluruh domba disatukan dalam satu koloni karena faktor resiko tersebut di atas. Bila dialokasikan satu per satu ke pemilik tertentu, maka yang terjadi resiko menjadi terlalu besar bila domba yang dialokasikan tersebut mati – karena hanya yang dombanya pas mati yang terkena, yang lain tidak.

 

Demikian pula ketika ada pertambahan berat dan kelahiran, hanya yang dombanya melahirkan yang melonjak hasilnya sedangkan yang lain tidak. Bila dialokasikan satu persatu juga ada masalah jenis domba jantan dan betinanya, otomatis hanya yang punya betina yang bertambah karena melahirkan -  pemilik jantan tidak melahirkan – padahal dia berkontribusi pada kelahiran betinanya.

 

Kompleksitas masalah ini, menjadi sederhana ketika disatukan dalam koloni domba milik bersama. Setiap resiko menjadi tanggungan bersama dan demikian pula setiap pertambahan berat dan peranakan menjadi hak bersama sesuai porsi atau jumlah domba masing-masing dalam koloni.

 

Apakah saya bisa mengambil domba saya berupa fisik domba ?

 

Tentu Anda bisa mengambil domba atau kambing Anda berupa fisik domba atau kambing di lokasi peternakan kami. Bila hendak diantar ke tempak Anda akan dikenakan ongkos yang sesuai.

 

Karena domba/kambing dalam peternakan umumnya memiliki variasi usia, berat dlsb, maka Anda diminta memberitahu 1 bulan sebelumnya bila Anda menginginkan domba atau kambing dengan ukuran berat atau usia tertentu.

 

Bagimana saya bisa mengambil domba saya secara fisik atau hasil penjualannya ?

 

Setiap pemilik account memiliki catatan kepemilikannya secara elektronis yang bisa dibuka dengan user id dan password yang didaftarakan ketika registrasi. Setelah login akan muncul menu akun lambbank, dari sana Anda akan punya pilihan pengambilan secara tunai, fisik diambil di lokasi atau dikirim – yang terakhir ini tentu perlu dicek keterjangkaun lokasi dan biaya yang diperlukan untuk pengirimannya. 

 

Berapa standar ukuran domba atau kambing saya ?

 

Domba atau kambing standar yang kami gunakan adalah domba/kambing seberat 40 kg +/- 10 % atau domba/kambing di rentang 36 kg s/d 44 kg.

 

Apakah saya akan selalu mendapatkan domba/kambing seukuran ini ?

 

Tentu tidak selalu, tergantung stok yang ada di peternakan kami. Bila domba/kambing yang Anda peroleh dibawah standar tersebut di atas, maka uang Anda dikembalikan secara proprata kelebihannya. Misalnya Anda hanya mendapatkan domba di kisaran 20 kg, maka separuh dari uang Anda yang setara 1 domba dikembalikan.

 

Sebaliknya juga demikian, bila Anda mengambil domba unggulan kami yang beratnya bisa mencapai 80 kg, maka Anda harus membayar dengan dua kali harga standar.

 

Apakah Lambbank membuka kerjasama dengan pihak lain untuk pengembangan peternakannya ?

 

Sangat dimungkinkan dibuka kerjasama baik dengan para professional pengelola peternakan domba/kambing yang amanah, maupun dengan para pemilik lahan gembalaan utamanya adalah perkebunan-perkebunan atau pihak lain yang memiliki lahan yang luas.

 

Lambbank juga membuka kerjasama keagenan dalam jual dan beli domba dengan pihak-pihak yang kami seleksi lebih dahulu. Agen-agen GeraiDinar misalnya, mereka secara otomatis bisa menjadi agen-agen Lambbank karena mereka sudah lulus seleksi kami di unit usaha yang lain.

 

Apakah jual beli domba ini bisa dilakukan dengan Dinar  atau M-Dinar ?

 

Jawabannya bisa, namun karena kami harus membeli domba atau kambing di pasar dengan Rupiah – maka Dinar fisik atau M-Dinar Anda harus dijual dahulu ke Rupiah menggunakan kurs beli GeraiDinar.Com.

 

Apakah sebaliknya juga bisa dilakukan ? yaitu memindahkan saldo domba atau kambing kami ke Dinar ?

 

Tentu bisa, caranya juga sama – yaitu menjual saldo domba Anda yang sesuai harga beli di www.lambbank.com kemudian menggunakan hasil penjualannya untuk membeli Dinar.

 

 

Apakah Lambbank membuka kesempatan belajar atau magang ?

 

Unit-unit usaha kami selalu terbuka untuk mereka yang mau belajar atau magang, kapasitasnya disesuaikan dengan ketersediaan lowongan magang yang ada.

 

Bagaimana kami bisa bergabung ?

 

Anda bisa register di www.lambbank.com, kemudian mengikuti step by step langkahnya. Account Anda akan aktif setelah diaktivasi oleh kami dan setelah Anda melakukan pembelian perdana domba Anda. Lebih detil ada di panduan khusus registrasi Lambbank. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi info@lambbank.com  untuk pertanyaan umum atau support@lambbank.com untuk pertanyaan teknis.

 

Berapa Domba minimal setoran awal untuk bisa bergabung ?

 

Anda bisa mulai bergabung mulai dengan 0.1 Domba sebagai setoran awal, demikian pula setoran berikutnya juga 0.1 Domba.

 

Berapa nilainya dalam Rupiah ?

 

Satuan domba kami gunakan domba standar baik (kelas A) dengan berat 40 kg +/- 10 %. Harga satuan domba ini kami cantumkan di halaman utama situs www.lambbank.com.  Bila misalnya pada saat hrga domba standard Rp 2 juta, maka setoran awal minimal adalah 0.1 x Rp 2,000,000 atau berarti Rp 200,000,-.